Dengan Maverick Vinales start dari urutan pertama dan Valentino Rossi di posisi kedua, plus rookie Johann Zarco (Tech 3 Yamaha) di posisi ketiga. Apakah ini pertanda kalau tim berlambang garputala tersebut telah bangkit dan akan meraih kemenangan dalam lomba MotoGP Prancis 2017, Minggu (21/5) malam WIB? Berikut petikan wawancara GPOne dengan Rossi pasca babak kualifikasi.

Kurang cepat pada dua latihan bebas awal di hari Jumat (19/5), tapi motor Yamaha mulai meningkat di latihan bebas ketiga dan brilian di kualifikasi Sabtu (20/5). Tanggapan Anda?“Logikanya, saya puas dengan start dari baris depan. Kami bekerja dengan baik dan sepertinya YZR-M1 menyukai keduanya, baik treknya maupun aspalnya (setelah di aspal ulang).”

Tidak ada rasa kecewa karena tidak merebut pole?“Bila Anda begitu dekat (seperti ini), tentu saja disayangkan. Jika (Jack) Miller lebih jauh 50 yard di depan saya (saat hot lap), saya merasa bisa melakukannya (merebut pole). Begitulah caranya, tapi ini lebih dari sekedar posisi. Feeling yang saya miliki di atas motor lebih penting.”

Anda berada dalam posisi bagus untuk mempertahankan keunggulan poin di puncak klasemen sementara?“Memimpin klasemen adalah penting, tapi saat ini saya perlu memikirkan tikungan demi tikungan, dan bukan tentang poin kejuaraan. Bagaimanapun, yang paling penting adalah sesuatu yang lain: Melakoni balapan yang hebat, dan mendedikasikannya buat Nicky (Hayden) serta keluarganya. Sayangnya, itulah satu-satunya yang bisa kami lakukan untuknya.”

Seberapa sulit untuk balapan dengan memikirkan sesuatu?“Mereka selalu ada dalam pikiran Anda.”
Valentino Rossi (Yamaha Factory Racing) di akhir pekan MotoGP Prancis 2017 Sirkuit Le Mans. (Foto-LAT Images)
Di Le Mans, Anda juga akan punya kesempatan emas untuk menebus akhir pekan buruk di Jerez?“Saya senang dengan pekerjaan yang telah kami lakukan, tapi ini baru hari Sabtu. Saya melaju baik dalam hal kecepatan dan flying lap. Namun besok (lomba Minggu), kita perlu melihat juga kecepatan apa yang dimiliki oleh Ducati, dan khususnya Honda, termasuk Pedrosa walau ia start dari luar 10 besar.”

Adakah keraguan lainnya?“Pilihan ban belakang. Secara teori, semua pilihan kompon ban (hard, medium, soft) bisa digunakan dalam lomba.”

Pertarungan antar sesama pembalap tim Yamaha juga bakal sengit? Bagaimana dengan Zarco yang telah terbukti agresif dalam beberapa lomba terakhir?“Hari ini kami sangat cepat, dengan Maverick yang paling cepat, diikuti oleh saya dan kemudian Johann. Ia seperti banyak pembalap lainnya, tapi masalah sebenarnya adalah ia memiliki kemampuan untuk bersaing di podium, bahkan mungkin menang. Johann adalah kejutan besar, bukan karena kami tidak tahu bahwa dia pun
Share To:

Supriadi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours